Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi Bagian Pengolahan Data Elektronik

Berdasarkan pasal 5 ayat 2 Peraturan Daerah Kabupaten Sumba Timur Nomor 2 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekertariat Daerah Kabupaten Sumba Timur menyebutkan bahwa Bagian–bagian sebagaimana dimaksud pada ayat 1 masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekda melalui Asisten. Bagian Pengolahan Data Elektronik Setda Kabupaten Sumba Timur mempunyai tugas pokok “MELAKSANAKAN PENGOLAHAN DATA DAN PEMBINAAN INFORMASI SECARA ELEKTRONIK“.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut Bagian Pengolahan Data Elektronik Setda Kabupaten Sumba Timur mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana program kegiatan dibidang pengolahandata elektronik sesuai ketentuan peraturan perundang-undanganyang berlaku.
  2. Menyusun dan menganalisa data serta menyiapkan aplikasi yang dibutuhkan.
  3. Menyiapkan data yangakurat dan terkini.
  4. Mengendalikan pengoperasian komputer.
  5. Memberikan bimbingandan arahan untuk peningkatanpenguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  6. Mengendalikan data dari data masukan sampai data keluaran.
  7. Menata Teknologi Informasi dan Komunikasi secara komprehensif.
  8. Menjalin kerja sama dibidang teknologi informasi dan komunikasi

TUGAS DAN FUNGSI

  • Kepala Bagian

Mengkoordinasikan perumusan sasaran dan kebijakan dibidang tata usahaan, data masukan, pelayanan data, dan jaringan komunikasi data sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar terbentuknya sistem Jaringan Komunikasi Data Elektronika Terpadu Pusat dan Daerah.

  • Kepala Sub Bagian Data Masukan

Merencanakan dan melaksanakan kegiatan data masukan melalui pengumpulan data, memutahirkan data dan mengendalikan data dari masukan sampai keluaran berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku agar terarsipnya data masukan dengan baik

  • Kepala Sub Bagian Pelayanan Data

Menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan Pelayanan Data dan penyajian data internal, maupun eksternal, bagi pimpinan yang berkaitan dengan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan sesuai standart operation produre agar terwujud pelayanan yang prima dan berkualitas.

  • Kepala Sub Bagian Jaringan Komunikasi

Merencanakan dan melaksanakan kegiatan jaringan komunikasi data melalui pemeliharaan aplikasi jaringan, menginventarisasi perangkat keras dan perangkat lunak, spesifikasi pengadaan komputer dan kerja sama teknik berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku agar tersedianya jaringan sistem manajamen dan komunikasi data (telematika) yang internal dan up.

Facebook Comments